Iri hati merupakan sifat yang dapat merugikan dan menghancurkan hubungan yang dimiliki oleh yang bersangkutan, jika tidak ditangani dengan benar. Cara menghilangkan sifat iri hati terbilang mudah namun berat untuk pribadi yang melaksanakan, sehingga perlu latihan berulang-ulang dan mengingat cara menghilangkan sifat iri hati ini.

Memiliki rasa iri hati sebenarnya adalah normal, hanya jika rasa iri hati ini tidak membuat Anda menjadi buruk. Rasa iri hati bisa mempengaruhi suatu hubungan di saat pacaran,  di pernikahan maupun hubungan dengan keluarga. Rasa iri hati juga bisa membuat rasa bersalah pada diri Anda yang mengakibatkan tidak percaya diri, jika tidak ditangani dengan benar.

Cara menghilangkan sifat iri hati dengan membatasi perasaan iri hati juga tidak mudah, namun harus dilakukan demi hubungan Anda dalam pernikahan atau keluarga.

Cara menghilangkan sifat iri hati ini bisa dibilang mudah, sebab hanya cara terstruktur yang menanggulangi penyebab rasa tidak nyaman yang Anda rasakan.




1. Mengenali rasa iri hati
Sifat iri hati sudah menjadi kebiasaaan bagi orang-orang yang dikelilingi oleh orang yang iri hati, terutama dalam keluarga sendiri. Rasa iri hati itu muncul dengan sendirinya karena kelebihan yang dimiliki oleh orang lain yang kita perhatikan.

Cara menghilangkan sifat iri hati diawali dengan mengenali situasi yang memicu rasa iri hati. Seperti, Anda merasa iri hati ketika…
– Orang yang Anda taksir menjalin pertemanan dengan orang lain, dan Anda merasa diabaikan
– Teman baik Anda lebih suka menghabiskan waktu dengan orang lain
– Anak Anda lebih suka menghabiskan waktu dengan orang tua lainnya daripada Anda
– Seseorang mendapatkan pujian dan pengakuan dari tempat kerja, yang selayaknya Anda peroleh.
– Kakak ipar Anda memperoleh kehidupan yang lebih nyaman daripada Anda
– Teman Anda memperoleh pekerjaan yang Anda idam-idamkan

2. Cara mneghilangkan sifat iri hati hanya bisa dilakukan oleh orang yang mengalaminya, karena hanya dari dalam diri sendiri, orang dapat menghilangkan sifat iri hati tersebut.

Perubahan apa saja yang diperlukan sebagai cara menghilangkan sifat iri hati dari dalam diri:

1. Membangun rasa percaya diri.

Picture 1 of 5

Iri hati jika ditilik lebih dalam merupakan hasil dari rasa ketidaknyamanan dan rendah diri Anda sendiri. Dari rasa ketakutan akan ditinggalkan, kehilangan atau ditolak dari orang yang dekat dengan Anda.

Coba menuangkan seluruh potensi diri dalam suatu wadah bernama Gairah dan Obsesi, sehingga ketika iri hati tersebut menyerang Anda, maka Anda tidak akan kehilangan kendali yang kemudian melakukan sesuatu yang akhirnya menjadi penyesalan di kemudian hari, lalu menghancurkan percaya diri.

Cara terbaik untuk membangun rasa percaya diri adalah dengan bertingkah laku percaya diri. Membuat keputusan seakan-akan Anda memiliki semua kepercayaan di dunia ini. Pada akhirnya perasaan Anda akan mengejar tindakan Anda yang penuh percaya diri.

Ketika orang yang penuh percaya diri ditinggalkan atau dicuekki, maka perlakuan tersebut tidak akan membuat orang yang percaya diri hancur. Mereka mengetahui bahwa kadang-kadang orang bisa cupet dan menyebalkan, sehingga hal tersebut tidak membuatnya menyalahkan diri sendiri.

You are good enough. Setiap orang kadang sedang dalam kondisi yang baik dan kadang juga tidak baik. Ketika kamu tidak dalam kondisi yang baik, Anda hanya perlu melihat masalah Anda sebagai suatu kesempatan belajar sesuatu yang baru. Itulah yang akan dilakukan oleh orang yang percaya diri. Tidak akan ada yang menghalangi mereka.






Sumber: Wikihow