Berlibur Bersama Keluarga

Viewed : 81 views

Akhir pekan hampir tiba, dan kebanyakan dari orangtua di kota besar seperti Jakarta yang telah menghabiskan waktu 5 hari untuk bekerja di luar rumah, liburan akhir pekan terasa sangat berharga. Walaupun libur akhir pekan hanya satu dan dua hari, tapi jika dimanfaatkan waktu tersebut dengan perencanaan, kita bisa berlibur bersama dengan anggota keluarga.

Ada panduan yang dapat diikuti untuk berlibur di akhir pekan makin mengasyikkan bersama keluarga.

1. Lokasi liburan
Libatkan anak untuk ikut menentukan lokasi liburan. Hal ini dapat mendorong anak menjadi mandiri dan membangun rasa percaya diri mereka. Namun bukan berarti segala yang dikatakan anak dituruti, tetap keputusan akhir ada di tangan orangtua.

2. Anggaran
Mempersiapkan anggaran satu bulan sebelumnya, sehingga bukan hanya di awal bulan saja dapat berlibur akhir pekan. Rencana yang matang dalam keuangan dapat meebantu memperlancar liburan hingga beberapa bulan ke depan. Menyisihkan uang di awal bulan dapat menjadi solusi agar dapat berlibur sesuai dengan waktu yang Anda inginkan.




3. Hemat
Jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang dalam liburan. Pertimbangan memilih tempat liburan dan menghitung pengeluaran harus dilakukan agar tidak membuat susah pada saat liburan. Liburan bukan untuk mencari kemewahan tapi mencari kebahagiaan bersama keluarga.

4. Keamanan
Kemanan melingkupi barang dan anggota keluarga dari kehilangan, bahaya dan sakit yang tak terduga, disarankan untuk membawa barang seperlunya agar meudahkan penjagaan, juga sediakan obat-obatan umum untuk sakit tyang biasa dialami anak, jika perlu bawa buku kesehatannya. Keamanan dalam liburan dapat dijarkan pada anak-anak agar mereka turut bertanggung jawab dalam liburan. Sebagai contoh dengan membagi tugas, ayah menyetir, mama menjaga anak2, anak-anak membawa minuman dan tas ransel keperluannya sendiri.

5. Dokumentasi
Hal yang terpenting dalam liburan adalah mengabadikan kenangan yang tidak terlupakan tersebut. Jangan lupa membawa kamera untuk dapat mengambil foto atau video bersama keluarga.

Semoga bermanfaat dan liburan Anda menjadi lengkap dan terkang sepanjang masa bersama keluarga.