5 Cara Mudah Mengajari Anak Bicara

Viewed : 153 views

Saya rasa ada dua hal yang selalu ditunggu-tunggu saat menjadi orang tua, yaitu kata-kata pertama dan langkah pertama dari anak tercinta. Pada tahap awal perkembangan anak, saya termasuk ibu yang penuh rasa khawatir, terutama ketika anak terlambat dalam melakukan sesuatu sesuai tahap perkembangan mereka. Dan berbicara termasuk salah satu kekhawatiran saya saat itu, kekhawatiran  memiliki anak yang bisu. Sehingga saya banyak mengajari anak bicara dengan memberikan banyak stimulasi kepada anak.

Para ahli menyarankan agar orang tua baik ayah maupun bunda dapat memberikan stimulasi dalam komunikasi dengan anak. Semakin seringnya stimulasi tersebut dilakukan, makin cepat kemampuan berbicara pada anak.

Saya membagikan beberapa tips mengajari anak bicara, yang dapat  dilakukan dengan mudah oleh Ayah dan Bunda, maupun orang terdekat anak kita.




2. Mendengar

Picture 2 of 5

Penelitian menyatakan mendengar juga tidak kalah penting daripada berbicara. Mendengarkan anak-anak kita, mulai dari gumamannya, kata-katanya baik ketika bermain atau bernyanyi, Dengan demikian kita menyatakan bahwa kata-kata, nyanyian dan gumaman mereka penting dan berharga sehingga kita mau mendengarkannya. Selain itu dengan kita mendengarkan, akan membuat anak-anak tetap melakukan kegiatan berbicara mereka karena mereka menyukai perhatian yang diberikan oleh orang tuanya.





Sumber: Mommyshorts