11 Cara Mengatasi Depresi

Cara_Mengatasi_Depresi

Depresi kadang tidak disadari datangnya terutama oleh yang bersangkutan. Biasanya baru disadari oleh keluarga atau orang terdekat jika telah bertambah parah dan fatal. Menurut data WHO tahun 2005, bahwa 150 orang di Indonesia bunuh diri setiap harinya. Dan jumlah ini semakin meningkat seiring berjalan meningkatnya jumlah orang yang terkena depresi.

Kebanyakan orang yang terkena depresi di Indonesia tidak berkonsultasi ke dokter, mereka cenderung menutup diri dan malu disebut orang sakit jiwa. Beberapa lagi memiliki pemikiran terbuka, berobat dan meminum obat anti-depresi.

Jika kamu termasuk orang yang sedang berperang melawan depresi, cobalah beberapa cara berikut ini:





1. Bertemu konselor
Bertemu dengan psikiater mengenai depresi yang menglingkupi diri dapat membantu menguak beberapa penyebab depresi dan membantu dengan solusi dan nasihat.

2. Berolahraga
Olahraga dapat melepaskan endofin, yang akan menolong Anda dari depresi. Biarkan tubuh dan pikiran relaks. Cobalah berjalan kaki di alam bebas dan melihat alam lepas.

3. Berjemur
Vitamin D telah disediakan dengan jumlah yang banyak oleh matahari, vitamin D ini berhubungan untuk menurunkan level depresi.

4. Membaca buku
Baca buku yang dapat membuat Anda melihat dari sudut pandang yang berbeda dari kehidupan.

5. Makanan sehat
Dalam beberapa kasus, orang depresi cenderung memiliki masalah makanan yang berlebihan dan mengkonsumsi gula berlebihan, sedangkan lemak yang berlebihan dapat membuat tingkat depresi semakin meningkat. Makanan sehat yang terbukti dapat meningkatkan suasana hati adalah dark coklat dalam jumlah sedikit, kacang kenari, dan ikan salmon liar.




6. Hindari minuman alkohol dan narkoba
Dengan minum alkohol hanya akan membuat Anda merasa baikkan dalam waktu yang singkat saja. Selebihnya minuman alkohol hanya akan membuat Anda bertambah buruk dalam jangka panjang. Hal yang sama berlaku juga dengan narkoba.

7. Cintai diri sendiri
Perlakukan diri Anda sendiri sama dengan Anda memperlakukan yang Anda kasihi. Dan cobalah untuk tidak mendengarkan dan menanggapi suara hati Anda yang mengatakan Anda tidak cukup baik dan tidak pantas dikasihi.

8. Tertawa lepas
Tertawa sunguh dapat membuat Anda lebih baik. Coba menonton film komedi dan biarkan Anda tertawa karenanya.

9. Membuat sesuatu
Coba membuat sesuatu sesuai dengan perasaan Anda. Anda bisa melukiskan perasaan Anda di kanvas atau kertas atau menulis puisi. Lakukan sesuatu yang kreatif yang dapat membuat suasana hati Anda membaik dan membuat Anda lupa dengan masalah Anda.




10. Ingat mimpimu
Semua orang mempunyai mimpi, cita-cita dan harapan. Coba ingatlah impian Anda kala masih kanak-kanak dulu, dan biarkan impian itu menuntun Anda.

11. Keberanian untuk berubah
Miliki keberanian untuk berubah. Temukan apa yang membuat Anda depresi, lalu lakukan selangkah demi selangkah perubahan dalam hidup Anda dengan pasti. Segala sesuatunya akan menjadi lebih baik jika kamu menyadarinya dan melakukan keputusan untuk maju ke depan menuju kebahagiaan dengan orang yang Anda kasihi.

Sumber: MNN