Inovasi Perpustakaan Putar

Perpustakaan_putar_1

Perpustakaan_putar_4Perpustakaan_putar_5


Perpustakaan_putar_2




Perpustakaan_putar_2

Memanfaatkan barang yang sudah tidak terpakai sudah menjadi kondisi yang harus kita lakukan. Bukan saja barang tidak berguna tersebut menjadi barang yang baru dengan sentuhan yang berbeda.

Kolaborasi antara Ben Milbourne (Bild Architecture) dengan seorang eco-designer Leyla Acaroglu (Eco Innovators) dan seorang spesialis furniture designer David Waterworth (Against the Grain) merespon tantangan kreatifitas dari seorang klien yang menantang hal-hal yang baru, sehingga menjadi dinding perpustakaan yang dapat berputar.



Flesibilitas diperlukan dalam merencanakan sebuah warehouse conversion di Melbourne’s CBD. Perpustakaan yang berputar merupakan solusi yang fleksibel untuk membagi 2 buah ruangan untuk memperluas atau menggabungkan ruangan jika memang diperlukan, dan juga membagi udara dan cahaya yang diperoleh antara ruangan.

Perpustakaan putar adalah hal yang cerdik, memungkinkan untuk menyimpan buku di kedua sisinya dan juga mengakses buku-buku tersebut hanya dengan menekan sudutnya untuk memutar penuh 360 derajat.

Perpustakaan_putar_6Dengan menggunakan kayu lapis bekas dari konstruksi, yang merupakan sumbangan solusi dari David Waterworth yang memang memikirkan dampak pemakaian MDF, kayu atau melamin pada lingkungan. Tapi dengan penggunaan material bekas tersebut justru timbul karakteristik unik dan seni yang timbul dari grafiti dan material poster yang ada. Kayu lapis itu kemudian disambungkan dengan beeswax alami.

Dengan begitu perpustakaan putar ini merupakan kolaborasi dari seluruh disiplin ilmu. Dengan bersama-sama hasil yang dicapai dapat menjadi inovatif, estetis dan unik