Tips Pernikahan yang Langgeng

Viewed : 32 views

Mempertahankan pernikahan yang langgeng saja sudah cukup sulit bagi beberapa pasangan menikah. Apalagi usaha menjaga keharmonisan dalam rumah tangga yang lebih menyulitkan, sebab antara pasangan saja sudah banyak perbedaan yang bisa menjadi guncangan pernikahan. Belum lagi ditambah dengan masalah keluarga besar dan masalah adat istiadat. Berikut adalah tips pernikahan mengenai 10 cara menjalin keharmonisan

1. Minta maaf
Jangan segan minta maaf, jika terjadi pertengkaran, karena dengan meminta maaf akan membuat ikatan pernikahan makin dikuatkan.
Pasangan kerap tidak mau untuk meminta maaf terlebih dahulu, terutama para suami. Sebab sangat sulit bagi mereka untuk mengatakan maaf dikarenakan keegoisan dari diri mereka. Istri dasarnya bisa menerima jika pasangannya tidak meminta maaf, tapi jika terus menerus terjadi pasti akan sangat menyebalkan.

2. Situs jejaring sosial bisa menyebabkan perceraian
Facebook, Instagram, Twitter, Path dan lainnya  jika digunakan untuk berhubungan dengan mantan pacar sehingga cinta lama datang kembali, tentu akan membuat pasangan marah. Maka jujur dan jangan rahasiakan dengan siapa Anda berhubungan dari situs jejaring sosial tersebut.
Pasangan mungkin sebelum menikah dengan Anda pernah memiliki pacar atau gebetan (masih tahap pendekatan yang menuju kegagalan). Jika pasangan kita ketahuan mempunyai hubungan akrab dengan mantan atau gebetannya dahulu, tentu rasanya menyebalkan….! Pertengkaran pasti tidak dapat dihindari dan kata cerai bisa keluar dari mulut, jika tidak dihentikan. Dan akan membahayakan pernikahan jika ternyata pihak ketiga (mantan pacar dan gebetan) menyambut.


3. Menurut dan feminim.
Menurut kepada suami dengan mengikuti apapun kehendak suami agar rumah tangga tetap harmonis kadang menjadi solusi yang dilakukan pada beberapa istri. Sikap feminim dan lemah lembut yang dimiliki istri bisa diartikan bahwa istri memiliki kasih sayang yang lebih kuat. Dengan kedua sikap ini maka kehidupan seksdalam pernikahan niscaya akan lebih baik.
Ini kerap dilakukan oleh saya, dengan pemikiran daripada ribut, capek kan? Tapi kadang ini akan menimbulkan timbunan ketidaksukaan dalam hati yang bisa meledak, BOOoommm…
Teringat salah satu pernyataan di film My Big Fat Greek Wedding ini:
“A man may be the head of the house, but a woman is the neck, and she can turn the head any way she wants”

4. Tertawa meski humor yang diucapkan pasangan tidak lucu
Tertawa ketika pasangan kita mengutarakan candaan ‘garing’ karena tertawa juga bisa mengurangi stress dan mendorong hasrat seks.
Tapi jika memang pasangan kita bercanda hal yang buruk dan menyebalkan rasanya tersenyum sudah cukup, hanya untuk menghargai karya candaan yang dibuat pasangan.

5.  Jawablah dengan sedikitnya 5 perkataan manis
Menjawab dengan manis tiap kali suami atau istri Anda bertanya. Pada kenyataannya kata-kata manis seperti sayang, aku mencintaimu, I love you, istriku yang cantik, (hanya memiliki tiga kata saja) hanya dikatakan pada saat sedang ingin bercinta, saat bercinta,  atau pasangan memberikan sesuatu yang amat diinginkan.

Jadi makin sering Anda merangkaikan kata dengan jawaban penuh cinta, seperti; ya sayang, oke honey, ada apa honey atau menyelipkan catatan pujian dalam saku baju, bekal makanan, dompet pasangan, atau pesan mesra, maka makin langgeng pernikahan Anda. Dengan catatan, semua ini dilakukan tanpa embel-embel ingin bercinta.



6. Manfaatkan sofa empuk di ruang tengah Anda
Sofa ada untuk menjalin kembali keharmonisan, karena sofa yang empuk dapat membuat perasaan lebih tenang.
Tapi hati-hati, jangan sampai, saat Anda di tengah gelora bercinta, tiba-tiba hadir orang lain, seperti pembantu, mertua, orangtua, saudara ipar atau lebih buruk anak sendiri. Kunci dahulu sebelum bercinta di tengah ruangan keluarga dan di atas sofa empuk, yakinkan Anda hanya berdua saja dengan pasangan.

7. Usahakan untuk tidur nyenyak
Karena tidur yang tidak nyenyak dapat menghancurkan hari Anda, juga pernikahan Anda. Jika banyak pikiran, maka otomatis tubuh kita akan terjaga di malam hari, bahkan minum obat tidur pun hanya membuat tubuh beristirahat 3-4 jam saja.
Yang paling ampuh tentu saja berdoa pada Tuhan dan menceritakan segala uneg-uneg kita kepada-Nya.

8. Ranjang bukan hanya untuk tidur
Ranjang bukan hanya untuk meletakkan tubuh dari seharian bekerja, namun juga membina hubungan dengan pasangan kita. Dengan demikian meredam ketidakbahagiaan dalam pernikahan yang terkadang sangat menjenuhkan.
Ciptakan gelora baru dalam berhubungan dengan pasangan dengan menciptakan kembali suasana yang romantis di kala pacaran dahulu, akan sangat membantu.



9. Berbagi tugas rumah tangga
Berbagi tugas rumah tangga dapat mempererat hubungan dalam pernikahan. Namun sampaikan kepada pasangan dengan cara yang manis dan indah. Jika tidak tahu bagaimana caranya, cobalah berpikir untuk membujuk pasangan melakukan pekerjaan rumah tangga dan jangan lupa puji dia, setelah dia selesai mengerjakannya. Katakan bahwa yang dilakukannya sungguh lebih baik daripada yang kita lakukan. Tambah  kecupan ekstra sebagai tanda terima kasih yang hangat.

Kunci dari semuanya adalah ucapan terima kasih. Karena dengan begitu Anda dan pasangan saling menghargai dalam upaya menciptakan pernikahan yang bahagia.