Jelaskan Pengertian Keluarga yang Sesungguhnya

Viewed : 242 views

Kembali berkunjung ke kampung halaman tidak lagi menyenangkan seperti dahulu, kala Mama masih ada. Terasa ada kekosongan di dalam hati, melihat tempat tidur Mama yang kosong, melihat benda-benda kepunyaannya yang tergeletak tidak terawat. Ditambah lagi hubungan persaudaraan yang terlalu banyak polemik. Semua ini membuat saya bertanya dalam pada diri sendiri untuk jelaskan pengertian keluarga.

Saya memperoleh pengertian mengenai keluarga dari sebuah webinar yang diadakan oleh gereja. Dan dari webinar itu bisa di jelaskan pengertian keluarga adalah suatu lembaga mulia yang merupakan wadah pertumbuhan, dimana keberadaan Allah dan inisiatif Allah nyata untuk menyatukan dua orang menjadi satu sebagai penerus rencana Allah dalam mengurus Bumi. Sedangkan arti dari wadah pertumbuhan adalah tempat dimana dua pasangan tersebut bertumbuh secara fisik, emosional dan intelektual.

Dalam pembahasan di webinar dalam tema Memaafkan Diri oleh Robert Oloan Rajagukguk, pengertian keluarga ada 4, yaitu:
1. Keluarga adalah Lembaga Mulia
Dalam arti keluarga sebagai inisiatif Allah melalui sebuah pernikahan, yang merupakan satu kesatuan dalam rencana Allah untuk melanjutkan kehidupan di Bumi sebagai sebuag keluarga yang kudus dan suci. Sehingga jika melihat sebuah keluarga adalah merupakan cerminan dari siapakah Allah.

2. Keluarga adalah Wadah untuk Pertumbuhan
Bertumbuh dalam dimensi kehidupan, bertumbuh secara fisik, bertumbuh secara intelektual dan juga bertumbuh secara emosional.

3. Keluarga adalah Pusat Pelatihan Badani, Mental dan Rohani
Pelatihan ini bisa dilakukan melalui melakukan pekerjaan rumah, dengan demikian orang tua melatih anak-anaknya agar siap menghadapi kehidupan sambil terus melatih dirinya sendiri.

4. Keluarga sebagai Griya Bahagia
Kebahagian yang diputuskan dan diciptakan baik bersama dan oleh tiap indidu dalam keluarga. Menjadi bahagia tidak harus mewah, sebab kebahagian bisa diperoleh dengan permainan sederhana. Dan nilai kebahagian dalam tiap keluarga berbeda-beda.

Tak ada keluarga yang tidak memiliki tantangan dalam kehidupannya. Tantangan dan rintangan akan selalu ada, tetapi semuanya itu akan membawa pertumbuhan dan perkembangan dalam menghadapi berbagai hal, apa saja yang bisa menumbuhkan pertumbuhan dan perkembangan? Ayo kita lihat pada galeri berikut ini…

Perubahan

Picture 1 of 3

Perubahan yang terjadi secara gradual, contohnya terjadi saat terjadi krisis ekonomi, perubahan iklim, yang terjadi secara perlahan tapi pasti. Ada juga perubahan yang terjadi secara mendadak seperti pandemik Covid-19, yang telah memaksa semua orang untuk mengubah konsep bekerja dan beraktivitas secara ekstrim.