Cara mendidik anak untuk membaca sama seperti tahapan yang lainnya, dari cara berjalan dan cara berbicara. Saran utama saya, agar jangan tegang, kaku dan menderu-deru, apalagi membanding anak Kita dengan anak orang lain.

Sebelum melangkah lebih jauh, cara mendidik anak membaca memang memiliki banyak cara dan banyak pula buku yang menyediakan latihan-latihan untuk membaca dan menulis.

Beberapa anak mempunyai kemampuan yang berbeda-beda, beberapa diantaranya bahkan ada yang telah memiliki kemampuan membaca sebelum anak tersebut duduk di bangku sekolah. Dan beberapa anak lagi memerlukan waktu yang lebih lama dalam belajar membaca. Namun pada akhirnya mereka semua pasti akan dapat membaca, terutama jika Kita juga kerap memberitahukankepada anak-anak Kita mengenai asyiknya membaca.

Maka saya sarankan untuk membaca dahulu perlahan-lahan saran-saran penting yang dianjurkan dalam cara mendidik anak membaca yang tertulis di bawah ini.




1. Kebiasaaan sebagai pondasi awal cara mendidik anak membaca sejak dini

Jika Kita, sebagaiorang tua kerap memberikan contoh mengenai membaca buku, mengajak anak ke perpustakaan, maka tentu anak-anak Kita akan memiliki kesukaan pada buku. Mereka akan mengenal keasyikan saat membaca dan menumbuhkan kreatifitas.

Coba membacakan buku cerita anak-anak saat senggang atau sebelum tidur. Kreatifitas Kita juga dituntut disini, agar suasana membaca menjadi menyenangkan, baik dengan suara yang aneka ragam, alat peraga berupa boneka atau kreatifitas cerita yang meluas.

Jadi cara mendidik anak membaca selalu diawali dengan fondasi yang kuat dari rumah, berupa kebiasaan-kebiasaan baik yang berhubungan dengan buku.

2. Berlanjut ke kemampuan pra membaca
Tergoda dengan beberapa cara mendidik anak membaca dengan menggunakan kartu atau flashcard? Yah, itu memang salah satu cara mendidik anak membaca, namun buku sebenarnya merupakan media yang paling tepat. Karena tujuan membaca dari buku agar anak-anak Kita dapat membaca untuk diri mereka sendiri.

Mungkin saat usia 3 tahun ini, anak-anak Kita sudah mengenal buku dari sampul depan dan sampul belakangnya yang menarik. Maka selanjutnya adalah mengajari anak untuk membaca dari kiri ke kanan dan dari halaman ke halaman berikutnya. Lalu baca dengan lafal yang jelas dari tiap huruf yang berbeda-beda yang terangkai menjadi satu. Mereka akan menyerap semua yang dibacakan karena usia mereka yang memasuki  masa keemasan atau golden period.

Dukung mereka dengan mencari buku dengan gambar atau ilustrasi yang menarik dan teks yang  tidak rumit. Sajikan juga buku mengenai sajak dan puisi, sehingga anak akan menyerap ritme pada puisi tersebut dan mulai mengenali struktur kalimat yang dapat memtajam kemampuan mendengar. Ritme dalam sajak dan uisi juga membantu anak dalam meng-antisipasi dan meningkatkan ketrampilan pra-membaca. Dan ini semua adalah penting bagi tumbuh kembang anak.

3. Bunyi dan bentuk huruf
Jika anak-anak Kita telah menunjukkan ketertarikkan dan kemampuannya berkembang, anak Kita bisa dikatakan siap untuk mengenali bunyi dan tulisan dari abjad. Bisa diawali dari buku ABC yang banyak digunakan di  sekolah.

Mulai belajar dari mengenal abjad pada namanya sendiri. Pengenalan abjad sebaiknya diimbangi juga juga dengan pengenalan bunyi atau lafal abjad. Dapat diawali dengan abjad magnetik untuk kulkas atau abjad dari sterofom atau karet yang dapat mengapung saat mandi.

Setelah anak-anak mengenali abjad baik bentuk dan lafal bacanya, maka ajak anak untuk mengenali huruf-huruf yang dapat diketemukan di bungkus makanan atau di jalan ketika papan reklame atau toko.

4. Memulai sekolah dengan senang
Banyak orang tua yang banayak memberikan tekanan untuk anak ketika memasuki sekolah pertama kali. Anak dapat merasakan hal tersebut dan turut menjadi tegang. Salurkan rasa senang ketika anak hendak memulai sekolah.

Saat anak Kita sudah mulai sekolah, maka mereka akan diajarkan huruf dan angka dasar melalui lagu-lagu anak-anak dan buku cerita sederhana. Bisa jadi anak Kita termasuk yang lambat dalam pengenalan huruf dan angka. Namun jangan dikhawatirkan mengenai keterlambatan ini, karena tiap anak memiliki kemampuan berbeda.

Kemampuan membaca sejak dini dan ketidakmampuan membaca sejak dini, tidak akan berpengaruh pada kecerdasan umum anak. Banyak hal yang dapat mendongkrak kemampuan membaca pada anak-anak Kita menjadi lebih cepat.

Temukan di halaman berikutnya cara mendidik anak membaca sejak usia dini…