Cara Menanggulangi Stretch Marks

Cara_Mananggulangi_Stretch_Marks

Stretch marks merupakan tanda parut berupa guratan-guratan putih memanjang dengan pola acak yang biasa ditemui pada bagian tertentu kulit. Stretch marks inibiasa ditemui pada wanita yang mengalami kelebihan berat badan atau pada tubuh ibu hamil, terutama pada bagian perut, paha, dada, lengan atas, pinggang dan bokong.

Tanda kerutan kulit yang biasa dikenal dengan nama stretch marks ini terjadi karena adanya perenggangan kulit hingga menyebabkan robekan di lapisan dalam kulit. Warna garis yang timbul akibat robekan ini biasanya berwarna merah atau coklat yang setelah proses melahirkan pada ibu hamil berubah menjadi putih atau keabuan.

Stretch marks ini pada dasarnya tidak berbahaya, ada beberapa dari kaum ibu yang menganggap tanda kerutan kulit ini sebagai hadiah atau kenangan dari anak yang dilahirkannya. Tapi untuk beberapa ibu, hal ini dapat mempengaruhi rasa percaya diri, karena tampilah akibat stretch marks ini menyebabkan penampilan tidak indah seperti dahulu.

Bila stretch marks ini telah terjadi, maka sulit untuk dihilangkan, namun dapat disamarkan.

Berikut beberapa tips yang dapat mencegah terjadinya strecth marks pada ibu hamil:

1. Gunakan lotion
Begitu terdeteksi kehamilan, gunakanlah lotion, minyak zaitun atau krim khusus stretch marks untuk ibu hamil. Oleskan merata pada bagian-bagian tubuh yang rawan terkena strech marks.




2. Vitamin E
Perbanyak makanan yang mengandung vitamin E, seperti kacang almond, alpukat, bayam, pepaya, gandum, paprika merah dan lainnya. Perbanyak makan makanan seperti buah, sayur dan air putih, Karena selain bisa mengurangi dehidrasi, buah-buahan, sayur-sayuran dan air putih juga dapat menjaga elastisitas kulit.

3. Mengontrol kenaikan berat badan
Memakan gizi yang seimbang dan tetap menjaga kenaikan berat badan yang tidak terlalu drastis akan mengurangi kemungkinan stretch marks. Idealnya bagi ibu hamil kenaikan berat badan adalah berkisar 12-15 kg. Jika terjadi kenaikan berat badan yang drastis, otomatis kulit akan merenggang lebih lebar sehingga berpotensi untuk terkena strecth marks.

4. Hindari menggaruk
Jika terjadi perenggangan kulit, biasanya akan terasa gatal. Hindarilah untuk menggaruknya, karena akan menyebabkan stretch marks.