Khasiat Ubi Ungu Bagi Tubuh

Khasiat-Ubi-Ungu

Apakah Anda penggemar ubi, namun menghindari memakan ubi karena takut gemuk? Mungkin saja karena cara mengelola ubi yang membuat Anda bertambah gemuk, seperti dengan menggorengnya. Tentu saja gorengan ubi akan membuat Anda lebih gemuk 6 x lipat jika dikonsumsi terlalu sering. Mengkonsumsi ubi dengan cara dikukus dengan suhu tinggi dan lama juga akan membuat nutrisi baik dalam ubi hilang. Bagaimana dengan ubi ungu? Apakah khasiat ubi ungu untuk tubuh kita?

Segala makanan umbi-umbian dan sayuran yang kaya dengan warna memiliki sumber antioksidan tinggi. Ubi ungu salah satunya, dengan warna ungu yang mencolok, akan membuatnya menarik. Bukan hanya cantik, ubi ungu juga merupakan makanan pewarna yang sehat dan salah satunya membantu mengatur tekanan darah untuk kinerja tubuh.

Khasiat ubi ungu yang terkandung di dalamnya

1. Makanan Sehat dan Alternatif pewarna

Kentang, ubi, wortel dan umbi lainnya digunakan untuk mewarnai makanan secara alami, dibandingkan dengan berbagai macam pewarna makanan berbahan kimiawi yang dapat menimbulkan kanker jika dikonsumsi selama bertahun-tahun.

Berdasarkan penilitian yang dicatat oleh American Chemical Society bahwa ubi jalar ungu penuh dengan kandungan anthocyanin, yang memberikan manfaat kesehatan tidak ditemukan dalam warna makanan buatan. Terlebih lagi warna ungu anthocyanin pada ubi jalar merupakan warna yang stabil dan tidak mudah pecah walaupun hanya sedikit digunakan, namun tetap memiliki kadar warna ungu yang sempurna.

Pewarna ubi ungu alami ini juga tidak hanya digunakan pada produk makanan saja, namun juga pada minuman rasa buah, air vitamin, es krim dan yogurt.




2. Membantu merendahkan dan mengatur tekanan darah

Satu lagi khasiat ubi ungu yaitu dapat menurunkan tekanan darah, menurut penelitian oleh American Chemical Society. Hal ini bisa jadi karena efeknya pada pembuluh darah kapiler. Ubi ungu memiliki kandungan yang tinggi  akan konsentrasi phytochemical yang disebut asam chlorogenic, yang efektif dalam menurunkan tekanan darah.

Manfaat kesehatan yang ada dalam ubi ungu, mirip dengan nutrisi yang ada brokoli, bayam dan kubis Brussel. Ditambah dengan  kalium yang berguna untuk mengatur tekanan darah.

3. Dapat mencegah penggumpalan darah

Trombosis, nama formal untuk pembekuan darah, merupakan penyebab utama kematian di seluruh dunia. Hal ini dapat dicegah dengan cara sederhana, yaitu menambahkan ubi ungu dalam makanan Anda. Sebagaimana dicatat sebelumnya, ubi ungu mengandung asam klorogenat. Asam ini telah terbukti memecah gumpalan darah dan menghambat aktivitas enzim protein prokoagulan dan peptida.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Biokimia dan Molekuler Toksikologi menemukan bahwa asam klorogenat menunda pengembangan pembekuan darah pada tikus, menunjukkan efek anti-trombotik dan membuatnya menjadi agen potensial untuk pengobatan pembekuan darah, termasuk pencegahan mungkin.

4. Mengandung Antioksidan dan Fitonutrien

Ubi ungu sarat dengan antioksidan dan fitonutrien memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa, seperti mengurangi peradangan. Salah satu elemen terkuatnya adalah antosianin, yang berfungsi sebagai pemulungan radikal bebas dengan  kemampuan antioksidan dari pigmen antosianin yang memberikan manfaat kesehatan yang diinginkan..

Pigmen antosianin telah digunakan sebagai obat sejak dahulu, terutama untuk disfungsi hati dan hipertensi. Pigmen ini juga banyak seperti bilberry.  Anthocyanin juga dikaitkan untuk membantu mengurangi risiko penyakit mata dan infeksi.

5. Menyediakan serat

Kebanyakan orang tidak cukup makan serat dalam keseharian makanannya. Ubi ungu kecil dapat membantu dengan masalah itu karena mengandung serat makanan yang tinggi. Tahukah mengapa serat begitu penting? Salah satu alasannya adalah membantu sistem pencernaan Anda berjalan dengan lancar, sehingga menghilangkan sembelit, ketidakteraturan BAB dan ketidaknyamanan BAB.

Serat dalam ubi ungu termasuk serat yang larut dalam air, seperti bubuk atau tepung gandum, kacang-kacangan, sayuran, seperti kembang kol. Serat yang larut maupun yang tidak larut, keduanya sama-sama memberikan kesehatan yang terbaik. Dan ubi ungu menawarkan dosis yang baik dari jenis serat larut untuk mencapai kebutuhan serat yang tepat.




6. Ketahanan tubuh untuk para atlit dan olahragawan

Alasan lain bahwa serat tidak larut sangat bermanfaat adalah dapat memberikan semacam efek merilis waktu yang membantu daya tahan atlet mempertahankan tingkat energi yang tinggi untuk jangka waktu yang lama. Dan ini semua bisa diketemukan di ubi-ubian.

Ubi ungu akan lebih memberikan karbohidrat kompleks yang mudah dicerna dan berguna untuk para pelari dunia dan olahragawan dengan kandungan potasium dan elektrolit yang ada di dalamnya.

Ubi ungu mengandung 341 miligram kalium per setengah cangkir porsi, yang merupakan 10 persen dari nilai harian yang direkomendasikan. Hal ini dapat membuat ubi sebagai karbohidrat sempurna untuk atlet  dan untuk membantu mencegah kalium yang rendah.

Kandungan Nutrisi pada Ubi Ungu
Dengan takaran setengah cangkir potong dadu ubi ungu mentah berisi:

52 kalori
12 gram karbohidrat
1,4 gram protein
lemak 0,1 gram
serat 1,3 gram
6,5 miligram vitamin C (11 persen DV)
341 miligram potassium (10 persen DV)
0,1 miligram vitamin B6 (6 persen DV)
45,7 miligram fosfor (5 persen DV)
0,1 miligram tembaga (5 persen DV)
0,1 miligram mangan (5 persen DV)
0,1 miligram tiamin (4 persen DV)
0,9 miligram niacin (4 persen DV)
16,5 miligram magnesium (4 persen DV)




Sumber