Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak

Cara_Meningkatkan_Kepercayaan_Diri_Sosmed copy

Cenderung menjauh dari pergaulan teman, menghindari pertemuan dengan teman sekolah dan enggan mengutarakan pendapat, adalah dampak dari seorang anak yang kurang percaya diri. Itulah saya saat kecil dahulu, saya mengakui bahwa dulu saya tidak percaya diri dan cenderung menarik diri dari teman-teman. Saya ingat bahwa saya merasa sangat tidak nyaman dengan keadaan sekeliling dengan teman dan guru yang suka merisak, yang makin membenamkan rasa percaya diri saya sebagai anak kecil. Orang tua saya juga tidak mengerti mengenai cara meningkatkan kepercayaan diri pada saya semasa kecil dahulu.

Kini setelah menjadi ibu, tanpa keinginan menyalahkan orang tua dan masa lalu, saya jadikan semua itu sebagai didikan dan panutan untuk saya dalam membimbing dan mengajar anak-anak.

Memperhatikan anak saat mereka diantara teman-temannya adalah yang paling sering saya dilakukan. Sehingga dapat mengetahui dini dan langsung bagaimana mereka (anak-anak) berinteraksi dengan teman baik dalam sikap dan perkataan. Terutama dalam suatu grup pertemanan yang baru.

Menyadari satu hal yang penting, bahwa kebanyakan cara meningkatkan kepercayaan diri pada anak dilakukan dengan pujian atau persetujuan dari orang tua atau lainnya. Bukan berarti salah, tapi akan lebih baik jika anak-anak memperoleh kepercayaan dirinya dengan merasakan nilai, citra dan harga diri mereka yang berharga.

5 strategi sebagai cara meningkatkan kepercayaan diri pada anak.

Emang enak dibandingkan? Mengapa orang tua suka membandingkan anak-anak mereka dengan yang lain? Saya bisa katakan bahwa orang tua bermaksud baik, agar anak menjadikan si A menjadi contoh dan berusaha mengubah diri. Namun sebagai anak, saya bisa merasakan bahwa tidak enak untuk dibandingkan dengan yang lain, apalagi dibandingkan secara fisik yang merupakan identitas diri, seperti kulit yang hitam, mata yang sipit, hidung yang pesek, dan lainnya.

Anak-anak menjadi krisis percaya diri, karena menganggap dirinya tidak sempurna dan serba buruk.

Mungkin semuanya ini dapat diubah jika orang tua membandingkan anak dengan niat agar anak mencontoh yang patut ditiru dari anak lain, dengan benar dan penuh perhatian, tanpa melupakan anak sebagai pribadi yang berharga dan dikasihi oleh Anda, orang tuanya.

Menjadi Panutan Anak

Picture 1 of 5

Citra diri atau gambaran diri anak terpengaruh dari apa yang anak tangkap mengenai anggapan orang lain terhadap dirinya. Sehingga anak perlu belajar mengenai citra diri yang positif dari orang tua mereka. Apakah kamu sudah mencerminkan citra diri yang baik untuk anakmu?