Kutil atau Bukan?

Viewed : 84 views

Kutil bisa menular? Selama ini pemikiran umumnya kutil hadir karena keturunan, Oupss… jangan salah membedakan kutil dengan skin tag.

Kutil disebabkan karena virus menular yaitu Human Papilloma Virus (HPV). Ada 60 jenis HPV, dan hanya beberapa yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel kulit yang berlebihan yang memacu timbulnya kutil.

Kutil pada umumnya menyebar dari orang ke orang melalui sentuhan terutama pada kulit yang terluka. Anak-anak bisa terkena paparan virus ini karena pertumbuhan kekebalan tubuh yang belum sempurna, dan mereka lebih sering mendapatkan kutil daripada orang dewasa, hanya bedanya kutil pada anak-anak cepat hilang, sedangkan pada orang dewasa tidak.

Tidak semua kutil sama, jenis-jenisnya adalah:

1. Kutil BiasaCommon_Warts

Biasanya dapat ditemukan di tangan, bagian atas kaki, tangan (jari tangan) dan kaki. Kutil Biasa bukan kanker yang bertumbuh. Biasanya keras, permukaan bulat yang permukaannya sedikit kasar ketika disentuh dan memilki warna yang sama dengan kulit Anda. KutilĀ  biasa tidak berbahaya
Cara mencegah Kutil Biasa:

  • Sama seperti jamur pada kulit kaki, HPV juga menyukai kelembaban.
  • Gunakanlah sandal ketika berjalan di permukaan yang basah seperti ruang ganti, atau kolam renang. Sangat mudah untuk mencegah penyebaran Kutil Biasa dan Kutil Plantar.
  • Selalu cuci tangan sesudah menyentuh kutil orang lain dengan sabunĀ  dan air. Semakin sering cuci tangan akan membantu pencegahan ini.
  • Jangan memegang, meraba kutil Anda.
  • Jangan menggigit kuku atau mengunyah bintil kuku




2. Kutil FlatFlat_Warts

Biasanya ditemukan di wajah dan leher. Walaupun tidak mengganggu dan biasanya cepat hilang karena sistem kekebalan tubuh akan membuat sistem yang menargetkan penyebab dari timbulnya Kutil Flat, tapi jika menyebar dengan cepat di kulit Anda, segera konsultasikan dengan dokter. Kutil Flat dapat dihilangkan dengan produk yang mengandung Salicylic Acid.

3. Kutil Plantar (mirip mata ikan)
Biasa diketemukan di tangan atau kaki

Plantar_Warts

4. Kutil Genital
Biasanya ditemukan disekitar alat kelamin.

Ada lagi yang mirip dengan kutil, orang sering menafsirkannya dengan kutil. Tapi sesungguhnya bukan kutil melainkan seperti sebagian kulit yang menggantung di kulit yang dinamakan Skin Tag.Skin_Tags
Skin Tag tidak berbahaya, beberapa orang cenderung memilki skin tag berkisar antara 50 – 100, yang biasanya disebabkan karena naiknya berat badan atau merupakan keturunan atau hal lain yang belum diketahui sebabnya.



Kelebihan berat badan cenderung meningkatkan jumlah skin tag. Wanita dengan berat badan normal dan memiliki ppayudara yang besar juga cenderung memiliki beberapa skin tag di bawah payudara mereka.Istilah kedokteran untuk skin tag ini adalah Acrochordon.

Skin tag biasanya muncul di leher, ketiak, kelopak mata, selangkangan, lipatan, di bawah payudara. Skin tag biasanya terlihat halus dan sedikit keriput, walaupun dengan bentuk yang asal-asalan dan menggantung di kulit dengan tangkai yang kecil.

Skin Tag bisa muncul pada siapa saja dan umur berapa saja, tapi biasanya muncul pada orang yang menjelang usia pertengahan dan makin bertambah memasuki usia 60. Anak-anak juga dapat memilki skin tag biasanya di ketiak dan leher. Secara keseluruhan skin tag ini lebih sering dijumpai pada orang yang kelebihan berat badan.