Pendidikan Kecakapan Hidup yang Anak Perlu Ketahui

Viewed : 43 views

Berkumpul dengan banyak teman dari berbagai usia, sungguh menambah pengetahuan, terutama pengalaman hidup. Salah seorang senior menceritakan bagaimana anak-anak mereka yang telah berkuliah, kelimpungan di perantauan, karena tidak mengetahui bagaimana cara mencuci baju, mencuci piring, bahkan menanak nasi dengan rice cooker, apalagi membuat mie instant. Teman kami ini mengingatkan perlunya pendidikan kecakapan hidup pada anak, yang baiknya dimulai sejak dini, untuk bekal anak kita kala sudah besar nanti.

Apa saja pendidikan kecakapan hidup penting yang perlu anak-anak ketahui dan pelajari? Seblumnya kita harus memahami pentingnya pendidikan kecakapan hidup ini, agar mereka siap menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab dan bersaing profesional.

1. Pendidikan Kecakapan Hidup Memasak
Sebagai orang tua kita dapat meminta anak kita untuk membantu di dapur sejak usia yang masih muda. Karena hal ini merupakan awal yang baik dan juga dapat mengenalkan berbagai macam hal mengenai kebersihan dan kesehatan juga tata krama dalam makan.

2. Pendidikan Kecakapan Hidup Bertahan Hidup
Sekali-kali ajak anak ke alam dengan kemping. Dengan begitu anak-anak akan belajar bagaimana mendirikan tenda atau tempat untuk berteduh, memasak dengan api unggun, bahkan melindungi diri dari binatang liar.
Kemampuan ini juga akan membangun rasa percaya diri anak dan kemandirian mereka. Tak lupa kesukaan dan keceriaan karena berpetualang di alam bebas sebagai nilai tambah.




3. Pendidikan Kecakapan Hidup Berkebun Sederhana
Gunakan halaman rumah atau pot-pot tanaman untuk menanam beberapa tanaman yang dipilih bersama dengan anak. Di sini anak dapat belajar mengenai pengaruh cuaca pada tanaman, bagaimana benih bertumbuh, dan bagaimana menangani tanaman yang bermasalah sederhana, seperti terdapat ulat hama, atau layu.

4. Pendidikan Kecakapan Hidup P3K
Anak cenderung jatuh atau mencelakakan dirinya sendiri ketika bermain. Mereka perlu belajar untuk menjaga dirinya sendiri dari kecelakaan dan menolong diri sendiri ketika kecelakaan atau terluka.

5. Pendidikan Kecakapan Hidup Berenang
Belajar berenang adalah penting, walaupun saat ini Anda tidak hidup dekat dengan laut atau sungai. Kecakapan hidup ini bukan hanya dapat menyelamatkan diri mereka sendiri, namun juga menyelamatkan orang lain.

6. Pendidikan Kecakapan Hidup dalam Pengetahuan Mengelola Uang
Mendidik anak agar mengetahui nilai dari uang dan bagaimana menabung untuk masa depan.

7. Pendidikan Kecakapan Hidup Mencuci Baju
Mendidik anak mencuci baju mereka sendiri, hal ini justru akan membantu mereka ketika anak-anak beranjak dewasa dan hendak meneruskan pendidikannya ke ke kota atau negara lain.




8. Pendidikan Kecakapan Hidup Memperbaiki peralatan rumah tangga
Anak-anak memiliki keingintahuan yang besar, terutama mengenai bagian dalam TV, kulkas, mesin cuci, atau handphone. Selalu dorong dan dukung mereka untuk mempelajari sesuatu lebih lagi dalam kemelitan anak.

9. Pendidikan Kecakapan Hidup Kemampuan Membela Diri
Kita tidak bisa selalu berada di dekat anak selam 24 jam dalam sehari, untuk melindungi mereka dari bahaya. Dengan demikian mendidik mereka, anak-anak, mengenai kemampuan untuk membela diri dengan mengikutsertakan mereka pada kelas-kelas tambahan ilmu bela diri. Hal ini juga dapat membantu anak mengemabngkan kemampuan untuk memusatkan konsentrasi.

10. Pendidikan Kecakapan Hidup dalam Manajemen Waktu
Didik anak untuk berpakaian sendiri, dan bersiap-siap sebelum sekolah. Biasakan mereka menyelesaikan PR mereka dalam waktu-waktu tertentu. Dan pada saat anak-anak kita besar, mereka akan belajar dengan sendirinya bagaimana mengatur waktu mereka menjadi lebih efektif.




Sumber