Sebuah iklan Coca-Cola terbaru yang akan dikeluarkan selama Super Bowl XLVII di Amerika Serikat pada tanggal 3 Februari 2013 telah menuai kontroversi di kalangan organisasi Arab-Amerika.

Organisasi tersebut beranggapan bahwa iklan tersebut telah menyebarkan stereotip mengenai orang Arab yang berbahaya.

Iklan_CocaCola_Superbowl_2013Iklan tersebut menampilkan beberapa orang Arab yang haus saat mengembara di padang gurun, dengan membawa onta-ontanya, kemudian muncul penampakan Coke raksasa di kejauhan, Arab tersebut mulai menggiring onta-onta mereka ke arah Coke tersebut dan kemudian muncul pesaing dari barat berupa koboi-koboi, bus yang penuh dengan penari Las Vegas dan gang ala Mad-Max.

Kisah komersial tersebut diposting di situs web Coca-Cola dan meminta pemirsa untuk memilih siapa yang harus memenangkan perlombaan tersebut. Dan Arab tidak termasuk dalam pilihan jajak pendapat tersebut. Sehingga otomatis Arab sudah kalah karena mengendarai onta.

Imam Ali Siddiqui, presiden dari Muslim Institute for Interfaith Studies mengatakan kepada Reuters, “The Coke commercial for the Super Bowl is racist, portraying Arabs as backward and foolish Camel Jockeys, and they have no chance to win in the world.” [“Iklan Coke untuk Super Bowl adalah Rasis, karena menggambarkan Arab sebagai Joki Onta yang bodoh, dan mereka tidal memilki kesempatan untuk meaning di dunia”]




Presiden dari Anti-Discrimination Committee (ADC) Arab-Amerika, Warren David, menambahkan, “Why is it that Arabs are always shown as either oil-rich sheiks, terrorists, or belly dancers?” [“Mengapa Arab sell ditampilkan sebagai Sheik Minyak kaya rya, terrors, atau penari perut?”]

Salah satu kelompok akan menantang Perusahaan Coca-Cola untuk mengubah iklan sebelum CBS menyiarkan pertandingan pada hari Minggu besok untuk sekitar 100 juta fans olahraga American Football tersebut.

Abed Ayoub, direktur ADC untuk urusan hukum dan kebijakan bertanya, “What message is Coke sending with this? By not including the Arab in the race, it is clear that the Arab is held to a different standard when compared to the other characters in the commercial.” [Apa pesan yang dikirimkan Coke dalam komersial ini? dengan tidal mengikutsertakan Arab dalam perlombaan, sangat jells, arab memiliki stander yang berbeda daripada karakter lain dalam komersial ini.”]

Ayoub mengatakan bah ia akan menghubungi CBS dare Coca-Cola untuk memulai dialog, ia melanjutkan, “I want to know why this happened and how we can fix this if possible before Sunday,” [“Saya ingin tabu mengapa hall ini terjadi dan bagaimana kit data memperbaikinyajika mungkin sebum Minggu.”]

Untuk lebih jelas dan gamblang saksikan saja iklan Coca-Cola ini



Apakah iklan tersebut rasis? Menurut opini saya, Arab tidak diikutsertakan karena mereka di komersial tersebut mengendarai onta, yang dikenal bukan sebagai binatang yang cepat seperti kuda yang ditunggangi koboi.

Untuk apa ada orang Arab di awal iklan tersebut diantara 3 perwakilan dari Amerika, seperti koboi, penari Las Vegas dan Mad-Max gang? Saya rasa akan diketahui nanti sesudah jajak pendapat Coca-Cola usai.

Bagaimana menurut kalian?