Kabang Pahlawan yang Sesungguhnya

Viewed : 54 views

Sebuah kisah yang mengharukan dari seekor anjing bernama Kabang di sebuah kota Zamboanga. Kabang seekor anjing betina kecil telah menyelamatkan 2 anak gadis dari tabrakan yang berbahaya yang hendak menimpa mereka di Zamboanga, Filipina.

Terjadi di bulan Desember, ketika Dina Bunggal, (umur 11 tahun) dan Princess Diansing (umur 3 tahun) sedang berjalan di Nuñez Extension dan tidak melihat sepeda motor yang melaju ke arah mereka dengan sangat cepat. Tiba-tiba Kabang, anjing keluarga Bunggal itu, muncul entah dari mana dan melompat ke sepeda motor.

Kepala anjing itu mendarat langsung pada roda depan sepeda motor dan moncongnya terjebak di dalamnya. dan memang tindakannya itu menghentikan kendaraan bermotor.

Anak-anak tersandung dan pengendara sepeda motor terluka ringan, tapi Kabang kehilangan bagian atas rahang dan wajahnya.

Seorang saksi mata mengatakan Jovito Urpiano, Kabang melindungi dua gadis itu dari bahaya. Urpiano yang saat itu sedang makan siang ketika menyaksikan anjing itu menghentikan sepeda motor. “Saya pikir seseorang melemparkan anjing ke arah sepeda motor tersebut, tapi saya tidak melihat siapa pun yang melakukan itu,”kata Urpiano. Kemudian dia mengatakan bahwa Kabang dengan sengaja meloncat ke arah sepeda motor yang melaju kencang itu untuk menyelamatkan kedua gadis kecil tersebut.

Rudy Bunggal, ayah dari gadis kecil Dina juga melihat bagaimana Kabang telah menyelamatkan putrinya dan keponakannya. Dia berlari ke arah Kabang dan melihat luka yang diderita Kabang. “Tulang moncong atasnya hancur dan kita tidak bisa berbuat apa-apa untuk menyelamatkannya. Kami hanya menariknya dari roda,” kata Bunggal. Kabang pun segera pergi melarikan diri setelah dilepaskan dari roda.




Dia (Kabang) kembali ke rumah keluarga tersebut dua minggu kemudian, tapi sangat berbeda. Meskipun Kabang telah cedera mengerikan, tapi kedatangannya tetap disambut hangat di rumah. “Tidak peduli apakah dia jelek sekarang. Yang penting bagi kami ia telah menyelamatkan anak-anak kita, dan berterima kasih saja tidak lah akan cukup untuk membalasnya,”kata Bunggal. Ibunya Dina, Christina Bunggal menambahkan,”Kabang adalah Pahlawan.”

Kabang memang dekat dengan putri dan keponakannya, mereka selalu bermain dan tidur bersama Kabang.

Bunggal menemukan Kabang sewaktu masih anak anjing dekat rumahnya setahun yang lalu. Kabang adalah seekor anjing jalanan. “Kami mengangkat dia seperti milik kita. Kami memberinya susu dan bubur,”katanya.
Membelikan anjing susu adalah masalah yang besar untuk keluarga Bunggal karena mereka adalah keluarga yang miskin. Christina mengatakan Kabang tumbuh bersama dan makan makanan yang sama dengan yang mereka makan. “Kami tidak keberatan, walaupun dengan adanya Kabang berarti pengeluaran rutin extra. Kami sudah menganggapnya sebagai bagian dari keluarga,”kata Christina.

Bunggal menjelaskan lagi bahwa dinas peternakan setempat telah memintanya untuk menyerahkan Kabang untuk dibunuh karena kasihan (euthanasia), tapi ia  menolaknya.”Dia (kabang) adalah pahlawan ketika ia mencoba untuk menyelamatkan keluarga saya, saya tidak ingin mereka membunuhnya. Jika ia mati, saya yang akan menguburnya,”kata Bunggal dengan pasti.

Kabang masih dalam perawatan karena luka-lukanya. Dan ia sekarang dapat makan dengan menggunakan cakarnya untuk makan dan kembali menjadi dirinya dahulu bermain dengan Dina dan Princess.
Kabang_Anjing_Pahlawan_3




Kini, menurut GMA Network, Kabang akan menjalani operasi di Amerika oleh para dokter hewan berpengalaman dari University of California Davis School of Veterinary Medicine.

Dokter-dokter hewan tersebut akan membuat gigi palsu untuk Kabang yang telah kehilangan rahang dan moncong setelah tindakan heroiknya menolong 2 gadis kecil temannya.

Belas kasihan dan pertolongan berdatangan dari beberapa organisasi hewan dan orang-orang yang telah menyumbangkan obat-obatan dan perlengkapan untuk Kabang agar terhindar dari infeksi.

Dr. Anton Lim, mengatakan Kabang menerima antibiotik setiap hari untuk menghindari infeksi yang bisa berakibat fatal. Tapi denganmeminum antibiotik setiap hari, ada efek samping pada Kabang.

“Efek samping dari pemberian antibiotik setiap hari adalah bahwa sel-sel darah merah akan turun yang berarti tidaklah sehat untuk seekor anjing. Tapi sepertinya kita tidak punya pilihan lain, kita harus melakukan itu,” jelas Lim.

Semoga cepat sembuh Kabang, Tuhan memberkati,…