Membangun Masa Depan Cerah di Tahun 2023

Viewed : 97 views

Tahun 2022 akan segera berakhir dalam 2 bulan lagi. Menghadapi masa depan di tahun 2023, yang banyak diprediksi akan terjadi krisis ekonomi global dan akan lebih buruk daripada tahun 1998, membuat banyak orang gelisah dan mulai mengencangkan ikat pinggang, dengan memotong pengeluaran-pengeluaran yang tidak penting. Keinginan untuk mulai memperbaiki diri sendiri, guna menghadapi ketidaktentuan tahun 2023, mulai mengusik diri. Saya bertanya dalam hati, “Apa yang sudah kamu lakukan selama 10 bulan di tahun 2022? Apa yang kemudian akan kamu lakukan dalam 60 hari ke depan di akhir tahun 2022 dan menjelang 2023?”

Tidak ada kata terlambat dalam memulai yang kamu ingin capai, selagi masih hidup. Jika kamu memiliki talenta dan impian, lalu hendak mengubur apa yang telah menjadi impian kamu karena alasan ini dan itu, maka impian itu akan menghantuimu seumur hidupmu. Impian itu akan bercokol di belakang kepalamu dan terus mengingatkan kamu untuk mencoba mewujudkannya. Masa depan kamu dan saya adalah masa depan yang cerah yang telah dirancang oleh Tuhan sesuai dengan talenta yang kamu miliki.

Telah banyak buku yang mengulas mengenai masa depan, mulai dari cara menemukan, merajutnya, meraih dan melampaui masa depan itu. Satu hal yang pasti adalah penghalang antara kamu dan impian adalah dirimu sendiri. Jadi jangan menunda lagi, masih ada waktu 2 bulan untuk mewujudkannya, apapun impian, resolusi tahunan dan cita-cita untuk masa depan. Maju terus…walaupun belum tentu tercapai dalam waktu 2 bulan, tapi terus maju, terus kerjakan.

Berikut adalah beberapa hal yang harus diperbaiki dalam mengalahkan diri sendiri supaya kamu dimampukan untuk mewujudkan impianmu, yaitu:

1. Manajemen waktu
“Duh, Gak ada waktu untuk ini itu…”
“Aku gak sempat nih, sibuk..”
“Gue sibuk, jadi gak sempat…”
Semua perkataan diatas pasti sering kamu ucapkan baik kepada diri sendiri atau kepada orang terdekat, yang bisa atau terbiasa ‘dikorbankan’. Tahu gak sih, kalau kamu itu bukan tidak ada waktu atau sibuk banget. Kamu hanya tidak bisa me-manage waktu dengan baik, kamu tidak terorganisir. Yuk, kita lakukan menjelang akhir tahun ini, untuk mengatur waktu kita, dengan cara
– Bangun lebih pagi
– Buat rencana hal-hal yang akan dilakukan (To-Do-List)
– Buat batas waktu / deadlines dari yang hendak kamu kerjakan
– Berkomitmen untuk bertekun dan konsisten dalam mengerjakan jadwal To-Do-List

2. Fokus di satu hal
Tahukah kamu, produk instan dan fast food selalu laku keras di pasaran. Padahal produk instan selalu mengandung pengawet dan kandungan garam yang tinggi, dan tentunya berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi terus menerus. Ini menandakan bahwa setiap orang menginginkan hasil yang cepat / instan, hanya sedikit orang yang mau tetap fokus menekuni dan menjalani.

Ada jarak yang memisahkan antara kamu dan impian kamu, yaitu FOKUS. Sama seperti ketika kamu berkendara ke Surabaya dari Jakarta, jika kamu fokus dengan tujuan kamu ke Surabaya, maka kamu akan sampai ke kota tujuan tepat waktu. Berbeda jika kamu banyak teralihkan untuk singgah ke kota-kota yang kamu lewati selama perjalanan. Maka waktu tempuh kamu akan lebih lama untuk sampai ke kota tujuan (Surabaya).

Fokus 100% pada satu hal lebih baik daripada fokus pada 5 hal tapi kamu hanya bisa fokus 20% di setiap hal tersebut.

3. Berkembang secara bertahap
Ketika kamu meniti anak tangga, jika jarak anak tangga dengan anak tangga yang lain terlalu tinggi, tentu membuat kamu enggan untuk melangkah, karena terlalu melelahkan dan membuat kakimu sakit.
Set gol satu per-satu, sebab kamu tidak bisa langsung mencapai 10 tingkat tanpa melewati tingkat 1, tingkat 2, tingkat 3, dan seterusnya.
– Mulai membaca 1 halaman tiap hari
– Mulai menulis 1 paragraf tiap hari
– Mulai berolahraga 30 menit tiap hari
– Mulai SEKARANG
Lalu fokus untuk menjadi 1% lebih baik tiap harinya. Hal yang dilakukan memang kecil, tapi jika dilakukan tiap hari akan menjadi besar dan banyak. Kemudian akan membawa kepada perubahan yang besar.

4. Telaah dan Berpikir Memecahkan Masalah.
Daripada berfokus ke hal-hal yang negatif, coba bertanya pada diri sendiri.
– Apakah saya yang memegang kendali / kontrol?
– Apakah saya bisa lakukan lebih baik?
– Bagaimana saya mengembangkannya?
Berpikir untuk memecahkan masalah akan membantu kamu bergerak ke depan lebih cepat dari semua rintangan yang ada di masa lalu.

5. Menciptakan lingkungan pertemanan yang positif
Seperti halnya dalam teori revolusi yang dipopulerkan oleh Charles Robert Darwin, bahwa mahluk hidup dimungkinkan untuk beradaptasi dengan lingkungannya guna bertahan hidup, maka sama halnya dengan kamu yang akan menyesuaikan dan beradaptasi dengan lingkungan dimana kamu berada.

Kamu akan beradaptasi dengan sifat-sifat orang yang berada di sekeliling kamu, kamu akan mencontoh kebiasaan yang dilakukan orang sekitarmu dan akan berpikir sama dengan orang sekelilingmu.

Kurangi kebersamaan dan pergaulan dengan orang yang menjauhkan kamu dari gambaran dirimu sendiri di masa depan, tapi perbanyak waktumu dengan orang yang membawa kamu ke masa depan yang kamu inginkan.

Orang seperti apa yang berada di sekeliling kamu?

6. Kerjakan bagianmu
Bagianmu adalah kerjakan dan fokus, kedua hal itu saja yang perlu kamu lakukan dan ulang-ulang terus.
Kalau kesulitan untuk fokus, yuk ambil langkah-langkah berikut:
1. Tentukan waktu khusus untuk mengerjakan impianmu. Waktu mana yang kamu nyaman untuk lakukan tanpa ada gangguan berarti.
2. Fokus pada hal itu saja
3. Singkirkan halangan, baik dalam diri sendiri atau sekitarmu.
Lakukan hal ini maka kamu bukan menjadi golongan 90% orang pada umumnya yang mengubur mimpi.

7. Tentukan tujuanmu
Ketika kamu merencanakan perjalanan, hal yang pertama kamu tentukan adalah tujuan perjalanan tersebut, kemudian rencanakan perjalanan mulai dari biaya, akomodasi, pakaian dan lainnya. Segala sesuatunya di dalam hidup akan lebih mudah jika memiliki tujuan yang jelas, sehingga kamu bisa mengantisipasi hal-hal yang akan terjadi kemudian dan cara mencapai tujuan tersebut.