5 Hal yang Harus Dilakukan Orang Tua untuk Mendidik Anak

Viewed : 108 views

Anak-anak akan selalu meniru contoh terdekat yang ada, dan orang tua adalah contoh yang paling sering dilihat oleh anak. Tiap saat anak akan memperhatikan gerakan kita, sebagai orang tua, dan reaksi kita ketika mendengar atau menghadapi sesuatu, juga perkataan dan cara kita berjalan. Contoh yang baik dari orang tua akan mendidik anka hal yang sama, yaitu kebaikan.

Baru-baru ini saya melakukan kesalahan, saya mengatakan ‘kampret’ ketika kesal pada sesuatu. Saya terkejut kal mendengar anak yang bungsu kami mengatakan ‘kampret’ saat ia menceritakan perlakuan teman sekolahnya.



Saat itu saya sadar bahwa saya telah memberikan contoh buruk dalam mendidik anak. Segera saja saya menjelaskan pada anak bahwa kat-kata tersebut tidak pantas diucapkan darinya dan juga bahwa saya telah memberikan contoh yang salah. Pada titik inilah saya sebagai orang tua harus mengubah perilaku saya, terutama di depan anak-anak.

Anak-anak menyerupai spons yang menyerap segala cairan yang ada, maka cairan terbaiklah yang akan kami berikan kepada mereka agar mereka bertumbuh menjadi anak penuh norma dan tata krama.

Contoh tersederhana adalah tingkah laku terhadap pasangan hidup kita, baik pasangan suami atau istri. Hal-hal yang dilakukan orang tua di depan anak yang dapat mendidik anak menjadi pribadi yang baik dan didambakan oleh orang tua.



5. Bersama ketika melalui kesulitan

Picture 5 of 5

Saya berasal dari keluarga menengah ke bawah, ketika saya berumur 9 tahun, orang tua kami mengalami kesulitan ekonomi, kami anak-anaknya diberitahukan untuk berhemat dan makan makanan seadanya. Waktu itu kami pergi ke sekolah berjalan kaki untuk menghemat ongkos, dan makan dengan krupuk aci, kecap atau garam. Kami tidak pernah merasa sedih akan kekurangan itu, karena kami selalu bersama-sama dan dapat tetap dapat bermain.

Kali ini, saya telah menjadi orang tua dan saat ini pun sedang mengalami kesulitan keuangan, sehingga perlu untuk berhemat di beberapa hal. Saya menyadari stress yang dialami, dengan bercermin pada masalah keuangan yang kami hadapi ketika masih kecil. Stress yang dirasakan orang tua saya, tentu tak jauh berbeda dengan yang saya alami kini.

Saya menjelaskan kondisi keuangan kami kepada anak-anak, dan mereka dapat memahaminya, seperti hal yang sama yang kami lakukan. Terutama ketika liburan sekolah tahun ini, kami tidak pergi berlibur, namun kami merayakan liburan di rumah, yang tidak kurang asyiknya. Kami mengatakan dengan terbuka kepada anak-anak bahwa liburan kali ini kita akan berlibur di rumah karena perlu adanya penghematan. Kami meminta kepada mereka agar mereka dapat membuat liburan di rumah ini sebagai hal yang menyenangkan dengan menciptakan permainan dan gaya berlibur sendiri.

Mendidik anak bisa dikatakan susah-susah gampang, Uang, pekerjaan, tanggung jawab, kesehatan dan kematian kadang bisa membawa kepada titik permasalahan dalam kehidupan sebuah keluarga. Anak-anak yang melihat bagaimana orang tua mereka bekerja untuk memecahkan masalah-masalah dan melalui masalah-masalah sulit tersebut, merupakan pendidikan yang tidak ternilai bagi mereka. Mereka akan belajar bagaimana memecahkan masalah, dan tetap merasakan cinta kasih dalam rumah.





Sumber: ebay