Buset, sekarang sudah menjelang valentine, yang artinya sudah memasuki minggu ke-6 dari tahun 2012. Bagaimana dengan Resolusi 2012 yang sudah dicanangkan nih? Berapa persen kemajuan atau yang sudah dijalankan atau mungkin yang terwujud? Jawaban saya nol besar….mengecewakan ya.

Bahkan menurut beberapa penelitian yang mengenai resolusi apa saja yang selalu gagal adalah mengurangi berat badan.

Mengurangi berat badan sudah menjadi topik bagi sebagian besar perempuan. Baik untuk alasan kesehatan, estetika ataupun kepercayaan diri. Tapi toh, ketiganya memang berhubungan. Dengan berat badan seimbang, setidaknya kita telah mengurangi kemungkinan sakit kritis yang disebabkan oleh kegemukan, dengan berat badan ideal, penampilan kita lebih indah, dan kepercayaan diri bertambah. Juga ada nilai plus lainnya, lebih ekonomis, baju bisa menggunakan yang ukuran ‘biasa’ dengan harga terjangkau dibanding ukuran ‘extra’ dengan uang extra juga.

Deuh…memang menahan keinginan makan tidak mudah untuk orang yang menyukai makanan, bahakan nasi putih saja pun sudah sangat dirindukan jika sedang ber-diet.

Diperlukan ‘TEKAD” dan “KESUNGGUHAN”…..

Banyak caranya untuk memperoleh Tekad dan Kesungguhan ini, bisa dengan bersama-sama melakukan diet dengan teman atau pasangan, sehingga dapat saling bersaing, mengontrol dan menguatkan.

Kalau saya jelas, sudah berulang kali dan gagal karena tergiur oleh ‘godaan’, sehingga kerap malu untuk mengajak bersama-sama teman atau pasangan.




Pernah ada yang menasehati, bagaimana jika dibawa dalam doa, sehingga ketika lapar dan digoda, kita berdoa, dan bersama Tuhan pasti bisa…Yang ini juga saya sudah coba, dan gagal juga, …jadi malu pada Tuhan. Mungkin malaikat-malaikatnya pun turut sedih ketika saya gagal dan tergoda…

Bagaimana caranya?

Pada mediakawasan edisi January 2012, mengenai Sukses wujudkan Resolusi, M.G Yulistin Puspaningrum, Spi membahas mengenai resolusi yang dapat saya rangkum untuk tujuan mensukseskan diet yang memang merupakan salah satu resolusi ditahun 2010,2011 dan 2012 kini (yang sudah sepatutnya berhasil)

Ehemm….tujuan yang jelas, kita harus memiliki tujuan dan berkonsentrasi penuh pada tujuan. Kebulatan tekad dan ketetapan hati untuk perubahan yang lebih baik dari sebelumnya atau kemauan kita untuk lebih baik dari sebelumnya yang terus diingat dan dibayangkan pada diri kita. Karena tujuan adalah motivasi kita, sehingga jika tanpa tujuan yang jelas, maka kita pun tidak memiliki motivasi yang kuat.

Dan ada 5 yang harus dilakuan agar kita tetap pada tujuan kita; catat, lakukan, fokus, jelas dan realistis sesuai kemampuan.




Catat; buat catatan mengenai berat badan yang ditargetkan dan berapa yang harus dikurangi, jika perlu dan tidak malu catatan ditempel di tempat yang mudah terlihat.

Lakukan; susun rencana untuk melakukan pengurangan berat badan

Fokus; ini penting sehingga selalu memudahkan target, dan jangan putus asa atau menyerah.

Jelas; yang ini pasti sudah ngerti toh…jelas tujuan, jelas target, jelas pelaksanaan

Realitis; yang ini artinya harus sesuai dengan kemampuan kita.

Dan yang mendasari ini semua adalah untuk terus konsisten dan berjuang juga bersabar dalam menjalaninya, tidak mungkin kita kurus dalam satu malam, karena gemuk yang menempel dalam tubuh ini juga tidak diperoleh dalam semalam bukan?

Jadi untuk kesehatan, untuk anak-anakku dan masa depan, Let’s Diet….

Seorang teman mengatakan bahwa prinsip dari diet adalah simpel, tidak ribet, bahwa apa yang masuk (yang dimakan) haruslah seimbang dengan apa yang dikeluarkan (melakukan aktivitas).