Mengenalkan Jerman untuk Anak SD

Viewed : 45 views

Sebentar lagi anak-anak akan mengadakan International Day di sekolahnya Candle Tree School di tanggal 14-15 Maret. Dan kebetulan yang tidak diduga, anak kami menggemari Jerman terutama setelah mengetahui bahwa Jerman merupakan penghasil mobil-mobil keren, seperti Mercedes, Audi dan masih banyak lagi. Tidak heran jika ia bercita-cita untuk dapat menempuh pendidikan di Jerman nantinya. Kiranya Tuhan mendengar dan biarlah kehendak-Nya yang jadi. Amin…

Saya membantu merangkum beberapa hal yang perlu diketahui mengenai Jerman secara umum. Sumber tulisan ini pun berasal dari website pemerintah Jerman, Wikipedia dan lainnya.

Negara Jerman
Jerman telah menjadi parlemen republik federal demokratis sejak 1949. Setelah penyatuan pada tahun 1990 sekarang Jerman terdiri dari 16 negara bagian. Jerman memilki seorang Presiden Federal  sebagai kepala negara, yaitu Joachim Gauck  dan pemerintahan dipimpin oleh Kanselir Federal, yaitu Angela Merkel.

Berlin_Jerman_Capital
Ibukota Jerman adalah Berlin, yang termasuk kota terbesar di Jerman, dengan populasi 3,4 juta. kota lain dengan lebih dari satu juta warga Hamburg (1,8 juta) dan Munich (1,3 juta). Cologne adalah tepat di bawah tanda satu-juta. Frankfurt  (populasi 662.000) merupakan pusat keuangan internasional.




Kekayaan alam Jerman
Jerman adalah negara yang kaya akan keindahan alam. Antara Laut Utara dan pantai Baltik di utara dan puncak Alpen di selatan, Jerman memiliki sangat beragam lanskap, dengan hamparan luas sungai dan pemandangan lakeland, dataran tinggi berbukit dan daerah padat berhutan untuk dataran pertanian dan konurbasi* industri. Zugspitze adalah gunung tertinggi di Jerman pada 2963 meter. Sungai terpanjang Jerman adalah Rhine, yang mengalir melalui negara dengan total 865 kilometer. Jerman memiliki 16 taman nasional, 104 cagar alam dan 15 cagar biosfer*.

Jerman_Festival_Oktoberfest
Gaya hidup
Sekarang Jerman hidup dalam keragaman besar pengaruh budaya. Secara umum dapat digambarkan sebagai modern dan kosmopolitan. Orang-orang Jerman menyukai  hal-hal untuk berkumpul dan merayakan,  terutama dalam gaya tradisional selama musim Karnaval, di festival anggur, di Oktoberfest dan festival bir lainnya, atau selama festival musik dari klasik sampai rock,  semua dibantu oleh makanan dan anggur yang baik dari 13 daerah kebun anggur.

Filosofi dan Komposer
Jerman memiliki beberapa penulis besar dan komposer terkenal. Nama-nama seperti Goethe dan Günther Grass atau Bach dan Beethoven merupakan bagian dari tradisi budaya lama, yang merupakan warisan dari budaya yang ditawarkan di Jerman.
Maka tidak heran jika Jerman yang merupakan rumah bagi penulis dan komposer besar memilki sekitar 300 bioskop, 130 orkestra profesional dan 630 museum seni dengan koleksi yang diakui dunia internasional. Hal ini membuat seniman Jerman banyak menghasilkan sejumlah besar karya kreatif di bidang film dan sastra.




Jerman juga siap melahirkan penulis dan komposer baru dari beberapa akademik dan penelitian di Jerman dari sekitar 370 universitas dan lembaga pendidikan tinggi lainnya yang dikenal serta tidak sedikit mahasiswa internasional terlibat di dalamnya.

Jerman_Schloss_Neuschwanstein
Arsitektur Jerman
Jerman memiliki sejarah asitektur yang panjang, kaya dan beragam. Setiap gaya Eropa besar dari Roman ke Post Modern ditunjukkan, termasuk contoh terkenal dari Carolingian, Romawi, Gothic, Renaissance, Baroque, arsitektur Klasik dan Modern.
Keragaman arsitektur itu terlihat berbeda dari kota ke kota. Kehancuran warisan arsitektur di kota-kota besar selama Perang Dunia II membuat pembangunan kembali dengan gaya arsitektur modernis sederhana.
Dan beberapa warisan yang terkenal adalah Katedral Ulm atau Ulmer Münster yang merupakan gereja tertinggi di dunia dengan tinggi adalah 161,53 m, Kastil Neuschwanstein atau Schloss Neuschwanstein yang merupakan simbol Jerman Romantisisme dan Berlin yang merupakan pusat industri kreatif.




Jerman_Audi_R8_2017Mobil Jerman
Mobil Jerman terkenal di seluruh dunia. Merek seperti VW, Mercedes-Benz, Porsche, Opel, Audi dan BMW yang identik dengan kualitas tinggi dan inovasi dan meningkatkan citra Jerman sebagai tujuan wisata.

Jerman memiliki 200 objek wisata dan museum yang menawarkan pengalaman menarik bertema mobil dan teknologi. Volkswagen, misalnya, telah membuka tema fantastis taman kota asalnya dari Wolfsburg bernama Autostadt, yang merupakan 25 hektar taman,  dimana pecinta seni dan penggila tehink mesin akan dapat menemukan hanya sebanyak inspirasi di sini, penggemar multimedia dan juga  mereka yang mencari damai serta  ketenangan.

Jerman yang memiliki lima trek balap utama, seperti Nürburgring dan Grand Prix Hockenheim sirkuit, dimana kita bisa mendapatkan pengalaman di belakang kemudi dan mengecap sensasi menjadi pembalap.

Masakan_Jerman
Masakan Jerman
Masakan Jerman bervariasi dari daerah ke daerah. Di daerah selatan Bavaria dan Swabia, misalnya, berbagi budaya kuliner dengan Swiss dan Austria. Babi, daging sapi, dan unggas adalah varietas utama daging yang dikonsumsi di Jerman dan babi adalah yang paling populer. Sepanjang semua daerah, daging sering dimakan dalam bentuk sosis. Lebih dari 1500 jenis sosis yang diproduksi di Jerman.

Sebuah pepatah populer Jerman memiliki arti: “Sarapan seperti seorang kaisar, makan siang seperti raja, dan makan malam seperti pengemis.”

Sarapan biasanya pilihan roti dan roti dengan selai dan madu atau dingin pemotongan dan keju, kadang-kadang disertai dengan telur rebus.  Seperti Bavarian “Brotzeit” dengan Weisswurst Sweet Mustard dan gandum bir, atau Bauernfrühstück juga populer. Keju yang khas dan daging dingin prasmanan disajikan di pesta pribadi.

Jerman telah mengadopsi banyak hidangan internasional seperti masakan Italia seperti pizza dan pasta, Turki dan hidangan Arab seperti döner kebab dan falafel. Burger serta restoran Cina dan Yunani, India, Thailand, Jepang, dan masakan Asia lainnya.
Di daerah seperti Nordrhein Westfalen, Rheinland-Pfalz, Saarland dan Baden-Württemberg memiliki masakan-masakan yang terkenal, contohnya Badener Schneckensuepple (sup kental berisi siput dan herba), Schwarzwalder Kirschtorte (kue Black Forest), dan Rheinischer Sauerbraten (sapi panggang yang direbus dengan anggur).

Anggur Jerman lebih terkenal di banyak bagian Jerman, namun minuman beralkohol Jerman adalah  bir. Jerman termasuk yang tertinggi di dunia dalam mengkonsumsi bir. Alt, Bock, Dunkel, Kölsch, Lager, Malzbier, Pils, dan Weizenbier adalah ragam bir Jerman. Orang Jerman gemar minuman ringan seperti soda dan  Schorle (campuran dengan jus buah) ada di urutan ke-tiga di Jerman.

Produk yang paling banyak dihasilkan oleh Jerman adalah sosis. Terdapat lebih dari 1500 jenis sosis dari seluruh Jerman yang terdiri dari jenis sosis segar (Rohwurst), sosis rebus (Brühwurst), sosis masak (Kochwurst) dan ham. Jenis sosis yang banyak dimakan antara lain Bratwurst khas Nürnberg, Wurst yang terbuat dari daging babi berbumbu, Rotwurst dari Thüringen, Weisswurst dari München, serta ham khas Bayern.

Jerman juga memiliki banyak kue tradisional, seperti kue Dresdner Stollen (bolu yang ditaburi gula), Lebkuchen (roti jahe), Welfenspeise (dessert rasa vanilla yang dibuat dari anggur), dan sebagainya.

 





Jerman_Game_Settler_of_Catan
Video Game

Jerman banyak  penemu video game, juga dikenal sebagai Eurogames, yang dimainkan di seluruh dunia, seperti The Settlers of Catan dan Carcassonne. Pada tahun 2008, Jerman mengimpor populer Dominion game dari Amerika.

Video game Jerman adalah salah satu yang terbesar di dunia. The Gamescom di Cologne adalah konvensi game terkemuka di dunia. Seri game terkenal dari Jerman lainnya termasuk Turrican, seri Anno, The Settlers seri, seri Gothic , SpellForce, seri X, FIFA seri Manager, Far Cry dan Crysis. Para pengembang game yang paling relevan dan penerbit Biru Byte, Crytek, Deck13, Deep Silver, Egosoft, Kalypso Media, Koch Media, Piranha Bytes, Desain dan Pengembangan Yager. Bigpoint, Gameforge, Goodgame dan Wooga adalah pengembang game online terkemuka.

*Konurbasi adalah wilayah perkotaan yang terdiri dari beberapa kota, yang dikarenakan pertumbuhan populasi dan pengembangan, telah secara fisik menjadi satu wilayah yang terus membangun.

*Biosfer adalah sistem ekologi secara keseluruhan