Penting untuk Mendidik Anak 11 Ketrampilan Hidup ini

Viewed : 204 views

Mendidik anak mengenai ketrampilan hidup diperlukan untuk kebaikan anak kita. Pendidikan ini tidak mengkhususkan untuk anak laki-laki atau anak perempuan saja. Hal ini mulai saya sadari ketika salah satu anak dari Grup Pendalaman Alkitab kami menceritakan mengenai salah satu anak dari teman mereka yang bersekolah di luar negri. Suatu saat teman mereka ini mengunjungi anak mereka. Mereka amat terkejut melihat kamar yang sangat berantakan dan cucian pakaian kotor yang menumpuk di sudut kamarnya. Ketika ditanyakan kepadanya ‘Mengapa kamarnya berantakan? Sang anak dengan tenang menjawab, bahwa ia tidak tahu  bagaimana membersihkannya dan tidak tahu cara untuk mencuci pakaian.

Saya memang belum mendidik anak saya saat itu, karena pertimbangan usia mereka yang masih belia dan juga agar tidak merepotkan saat melakukan pekerjaan tersebut sehingga pekerjaan rumah dapat dilakukan dengan cepat.

Beberapa orang tua memanjakan anak dengan cara yang berlebihan. Kita sebagai orang tua cenderung membiarkan anak untuk dilayani oleh kita sebagai orang tua ataupun oleh pembantu rumah tangga yang telah diperkerjakan oleh kita. Hal ini tentu dimaksudkan bukan untuk memanjakan mereka, namun agar mereka dapat lebih berkonsentrasi dalam pelajaran.

Buat kita yang masih berlaku demikian akan lebih baik untuk menanamkan Hal-hal yang perlu anak ketahui untuk bertahan hidup.




2. Bertahan di alam bebas

Picture 2 of 11

Rencanakan liburan bersama dengan anak-anak di alam bebas. Dengan camping bersama anak kita akan mendidik anak membuat tempat berteduh atau memasang tenda, memasak dengan api unggun, cara melindungi diri dari hal-hal yang membahayakan, seperti binatang liat, tanaman berduri atau beracun, dan lain-lain.

Dengan kegiatan ini anak-anak kita akan belajar untuk mandiri, lebih percaya diri dan mengalami pengalaman yang menyenangkan.