5 Cara Mengusir Nyamuk Dengan dan Tanpa Obat Nyamuk

Viewed : 38 views

Paling sebal jika sedang menikmati suasana tenang, tiba-tiba saja terasa gatal dan bentol di kaki dan tangan. Lebih parah lagi jika gigitan tersebut ternyata di bagian paha yang menyulitkan kita untuk menggaruk jika sedang di tempat umum. Gangguan oleh gigitan nyamuk, atau melihat anak kita digigit nyamuk memang menyebalkan. Selain itu nyamuk juga membawa penyakit demam berdarah, chikungunya atau yang lebih terbaru adalah terjangkit virus zika.
Saya selalu mengantisipasi hal seperti ini, sehingga sejak awal kepindahan pertama ke rumah yang saya tempati setelah menikah, saya mempersiapkan sebuah rumah yang bebas nyamuk. Obat nyamuk elektrik adalah salah satu produsen obat nyamuk yang membuat inovasi dalam obat nyamuk elektrik dengan kabel yang panjang, yang tentunya saya gemari saat itu. Namun seiring pengetahuan dan nilai ekonomis yang makin dipandang penting, keinginan untuk menghilangkan nyamuk secara alami dan tentunya lebih murah makin saya gemari.

Cara mengusir nyamuk masuk ke dalam rumah, yaitu:

1. Menutup tiap lubang angin yang berada di rumah dengan kawat nyamuk.
Dengan memperkerjakan tukang harian untuk memasang kawat nyamuk di tiap-tiap lubang nyamuk di rumah baru yang akan keluarga tempati, kawat nyamuk yang digunakan adalah kawat nyamuk alumunium dengan ketebalan yang baik dan frame dari list kayu.

2. Memasang pintu teralis berkawat
Pintu teralis yang saya buat berlapiskan dua jenis kawat. Kawat nyamuk yang menghadap keluar rumah dan kawat ayam dengan besaran 1×1 cm yang berada di bagian dalam. Memasang kawat ayam tersebut dengan maksud mencegah tikus masuk ke dalam rumah dan membuat kawat mejadi lebih kokoh.



3. Mencegah tumpukan barang yang tidak berguna
Biasanya, saya cenderung menyimpan barang-barang yang tidak pernah saya gunakan lagi, namun tetap disimpan karena mempunyai nilai psikologis dan harganya yang mahal. Ehem…Aneh bukan? Barang yang mahal dan bagus malah cenderung disimpan untuk acara yang special dan khusus, namun tak kunjung dikenakan karena terlalu sayang untuk digunakan (dengan alasan takut rusak). Salah satu episode dari Oprah yang saya ingat adalah untuk “mendonasikan baju yang lama ketika kita membeli baju yang baru”, sehingga dengan demikian kita tetap memiliki jumlah baju yang sama dan tidak mengakibatkan penumpukan. Salah satu cara untuk mengusir nyamuk adalah selalu merapikan tumpukan barang yang tidak berguna, dengan menyimpannya di tempat tertutup, memberikan kepada orang lain yang membutuhkan atau mendonasikan kepada yayasan atau badan tertentu. Hal ini berlaku untuk pekarangan rumah.

4. Rumah terang dan bersih
Rumah yang terang oleh sinar matahari, dengan sirkulasi udara yang baik juga baik untuk kesehatan fisik dan jiwa, serta menghindari sudut yang gelap untuk mahluk halus dan gaib bercokol di situ. Dengan selalu memangkas pohon yang terlalu rimbun, sehingga menghalangi cahaya matahari ke dalam rumah. Intinya cara mengusir nyamuk dengan alami adalah dengan tidak membiarkan rumah dalam kegelapan dan lembab, biarkan sinar matahari pagi masuk ke dalam rumah. Dan biasakan rumah selalu dalam keadaan bersih.

5. Gunakan obat nyamuk
Nyamuk biasanya tidak menyukai bau yang tajam dan menyengat, seperti bau jeruk, sereh, cuka, atau minyak essensial, daun basil atau lavender. Bahan-bahan tersebut bisa dijadikan pilihan lain untuk obat nyamuk semprot tau aroma therapi.
Kebanyakan dari kita lebih memilih cara praktis dengan menggunakan obat nyamuk merk tertentu seperti obat nyamuk, yang lebih praktis. Saya pribadi menggunakan obat nyamuk elektrik, karena baunya yang tidak tajam dan tahan lama tanpa perlu diganti tiap hari. Namun penggunaan obat nyamuk elektrik juga digunakan pada ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik, sehingga kesegaran udara tetap dapat terjamin dengan baik dengan bonus bebas nyamuk.