Tips Jaga Diri dalam Angkutan Umum di Jakarta

Viewed : 42 views

Jakarta kota yang panas dan penuh deru kendaraan dan tidak mengenal belas kasihan. Itu pendapat saya selama melanjutkan pendidikan di Jakarta dan dari keadaan tersebut, saya belajar beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan angkutan umum, terutama bagi cewek sebagai anak sekolahan atau pekerja.

1. Jangan terlalu cewek
Di Jakarta, kalau kita harus berbaku hantam dengan pengguna jasa angkutan umum lainnya, maka jangan terlalu feminim. Tidak ada tempat yang aman untuk menjadi cewek sekolahan yang feminim di Jakarta. Jadi lupakan rok pendek, rok selutut dan celana pendek atau celana selutut.
Jika keadaan memaksa harus mengenakan rok, pilih rok panjang atau bawa baju ganti, sehingga ketika di perjalanan kita dapat tetap menggunakan celana panjang.

2. Tangguh
Cewek Jakarta harus tough alias tangguh dan berani, karena orang yang klemar-klemer dan lemah lembut, cenderung menjadi bahan godaan dari lelaki iseng di sekitarnya. Hal ini berguna untuk keamanan sendiri, terutama jika sedang menggunakan fasilitas umum, baik jalan kaki, maupun naik angkutan umum. Jika perlu menjadi judes dan berbicara seperlunya saja.

3. Jangan bertingkah laku seperti orang udik
Orang udik disini bukan orang yang jauh dari trendy dan dari kampung…loh. Orang udik disini berarti celingak-celinguk seperti tidak tahu tempat atau tersesat di Jakarta.
Jika kita beneran tersesat segera tanya ke orang yang tepat, seperti satpam, kondektur dan polisi. Ingatlah! Selalu bertanya pada man in the uniform first, karena mereka bisa dipercaya dan diandalkan. Namun jika tidak ada man in the uniform, pilihlah orang asing yang pantas dan baik, seperti ibu-ibu dengan anak, bapak-bapak yang bermuka baik. Karena orang yang baik biasanya selalu terpancar kebaikan dari matanya.




4. Jangan pamer handphone
Handphone pintar sudah menjadi kebutuhan dan pemandangan lazim di tempat umum, namun selalu waspada dalam menggunakannya. Seperti yang dikatakan oleh orang tuaku yang bijak, “Pencuri melakukan aksinya karena melihat ada kesempatan.” So…Jangan pamer gadget terbaru milik kita di depan umum, gunakan untuk hal-hal yang penting saja dan selalu simpan di tempat yang aman.

5. Berdandan sederhana
Cewek biasanya ingin tampil chic dan cantik jika pergi ke mall. Jika kamu memakai angkutan umum seorang diri atau hanya dengan satu teman cewek, sebaiknya tampil sederhana saja. Kita bisa membawa make-up atau perhiasan, lalu mengenakannya ketika sampai di tempat tujuan.

6. Pilih angkutan umum yang aman
Kalau kita cewek, sendirian atau bersama teman cewek lainnya yang jumlahnya hanya 2 orang saja, maka kita harus bijak dalam memilih angkutan umum.
Berikut ada beberapa tips keamanan dalam memilih angkutan umum, yaitu:
– Kaca jendela kendaraan umum tersebut tidak gelap. Kita bisa melihat dengan jelas apa yang terjadi di dalam.
– Supir dan kondektur tidak ugal-ugalan. Perhatikan ketika angkutan umum tersebut datang dari kejauhan, jika ugal-ugalan dan kasar, lebih baik angkutan umum yang lainnya.
-Pilih taksi yang dipercaya dan telah memiliki nama baik.



7. Gunakan aplikasi pemesanan taksi atau angkutan umum lainnya
Sekarang aplikasi angkutan lainnya sangat membantu aktifitas sehari-hari. Penumpang makin memiliki banyak pilihan dalam menggunakan angkutan umum dengan tawaran harga yang lebih menarik.
Saya termasuk pengguna jasa layanan aplikasi tersebut. Selain harga yang menarik, yang membuat saya merasa nyaman, adalah mengetahui nama pengemudi dan tercatat resmi sebagai kendaraan untuk angkutan umum.

8. Selalu berdoa
Setelah semua tips diatas dilakukan, tetap saja sebagai mahluk ciptaan Tuhan, kita harus selalu berdoa untuk memohon perlindungan dan restu atas hal yang kita lakukan.




Photo source: dw