Nikmat Sirsak dan Khasiatnya

Nikmatnya_Sirsak_dan_Khasiatnya
March 25th, 2013
|

Akhir pekan kemarin seperti biasa kami pergi memburu diskon di beberapa hypermarket yang dekat dengan komplek perumahan kami. Disalah satu gerai buah terdapat buah sirsak yang sangat menggoda.

Dengan bentuknya yang montok dan agak empuk, kembali terbayang rasanya di lidah. saya memutuskan untuk membeli skaligus juga memperkenalkan buah-buahan traditional asal negeri sendiri.

Buah sirsak yang nama lainnya dalam bahasa Inggris Soursop ini, banyak khasiatnya, untuk menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk diantaranya kanker. Tapi kanker disini bukan ‘kantong kering’ seperti istilah penyakit yang banyak dialami penduduk Indonesia terutama jika mendekati tanggal tua.

Berikut adalah khasiat buah kanker hasil pencarian
1. Serat
Buah sirsak mengandung banyak serat didalamnya. dengan mengkonsumsi banyak serat maka sistem pencernaan kita akan lebih lancar serta dapat membantu mengontrol kadar kolesterol.

2. Karbohidrat
Secangkir sirsak mengandung hampir 38gr karbohidrat, yang merupakan sumber energi tubuh. Asupan karbohidrat harian harus mencapai 45% Р65% dari kalori tubuh, yaitu 225-325 gr per hari untuk  diet 2.000 kalori. Selain itu jenis karbohhidrat yang terkandung dalam buah jauh lebih sehat daipada yang ditemukan di soda atau kue karena mereka dapat memicu peningkatan gula darah.

3. Kalium
Sirsak kaya akan kalium. Kalium sangat dibutuhkan untuk konstruksi tulang, pencernaan dan mengatur tingkat tekanan darah yang sehat.

4. vitamin C
Sirsak buah yang kaya akan vitamin C. Perempuam harus memenuhi asupan 75 mg vitamin C per harinya, sedangkan laki-laki 90 mg per hari. Vitamin C berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan penyakit, termasuk kerusakan kulit dan menyembuhkan luka. Selain itu vitamin C juga  dianggap sebagai antioksidan, yang dapat melawan kerusakan akibat radikal bebas.

5. Air
Secangkir sirsak mengandung hampir 183 gr air. Dan menurut mayoclinic.com kebanyakan orang memerlukan 8-9 gelas air setiap harinya. Buah dengan kadar air yang tinggi, termasuk sirsak dapat membantu mencegah dehidrasi. Nah itulah berbagai khasiat dan manfaat yang bisa kita ambil dari makan buah sirsak.

Rasanya yang asam manis, sangat disukai anak-anak. Tapi kesulitan terbesar ada dibiji. Sebab anak saya selalu meminggirkan bagian yang masih terdapat bijinya. Alhasil agar semua dimakan olehnya, saya memilah dahulu biji-biji tersebut dengan tangan dan memberikannya kepada anak.

Selain dalam bentuk jus, saya juga menyediakannya dalam bentuk buah yang sudah dibersihkan dari dari kulit dan biji nya kemudian diberi es dan gula secukupnya, dan diaduk-aduk sambil dicacah dengan sendok besar agar buahnya tebut terpisah dan bercampur dengan es serta gula.

Atau bisa juga dijadikan kudapan di sore hari berupa jelly atau agar-agar rasa sirsak.

Sangat nikmat…

Twitter